24 Desember Peringatan Hari Apa? Simak Artikel Berikut Ini

by
24-Desember-Peringatan-Hari-Apa

24 desember peringatan hari apa? Ada peristiwa penting pada tanggal itu. Nah, jika kamu penasaran yuk simak artikel ini agar kamu tahu ada persitiwa apa.

24 Desember diperingatan sebagai malam menjelang perayaan Natal, momen sakral yang dirayakan oleh umat Kristen di seluruh dunia untuk memperingati kelahiran Yesus Kristus. Selain menjadi perayaan keagamaan, Hari ini juga menjadi waktu bagi keluarga dan komunitas untuk berkumpul, berbagi kebahagiaan, dan merenungkan makna kasih serta kedamaian.

Beberapa Penjelasan Tentang Peringatan Tanggal 24 Desember

Ada bebrapa peristiwa pada tanggal itu, sehinga ada beberapa negara yang memperingatinya & dibawah ini adalah penjelasannya:

Every day, Every moment, merupakan kalimat yang cocok untuk menggambarkan berbagai macam perayaan hari besar. Baik hari besar nasional maupun internasional. Setiap bulan pasti memiliki momen spesialnya masing-masing, termasuk bulan Desember. Sebagai penanda pergantian tahun, Desember memiliki banyak momen spesial, salah satunya jatuh di tanggal 24 Desember. Pada saat itu, ada banyak momen penting yang perlu menjadi peringatan, seperti Kodam Jaya, Christmas Eve, Peringatan Hari Kemerdekaan Libya, Serta Hari Hak Konsumen India. Bagi yang penasaran dengan info lebih lengkapnya, mari simak artikel berikut ini ya.

Kodam Jaya sendiri merupakan singkatan dari Komando Daerah Militer Jayakarta. Lantas, apa sih Kodam jaya itu? Kodam Jaya adalah bagian yang mengomandoi kewilayahan pertahanan militer dan beroperasi di provinsi DKI Jakarta. Apabila mengutip pernyataan resmi dari laman TNI, mereka menjelaskan bahwa Kodam Jaya awalnya berdiri saat pemindahan kekuasaan seluruh instansi militer dari pemerintah Belanda ke pemerintahan Indonesia. Peristiwa tersebut terjadi di Jakarta pada peringatan tanggal 24 Desember 1949. Sebagai peringatan momen itu, setiap tanggal 24 Desember, seluruh anggota TNI akan merayakannya dengan penuh suka cita.

Selain Kodam Jaya, momen yang patut untuk dirayakan ialah malam kehangatan. Perayaan khusus umat kristiani ini bertujuan untuk menyambut kelahiran Yesus Kristus. Tradisi tersebut rutin dilakukan tepat sehari sebelum perayaan Hari Natal, atau Christmas Eve. Pada malam tersebut, seluruh umat kristiani diseluruh dunia akan menyambut malam dengan penuh kasih. Mengutip dari laman National Today, para gembala yang menggembalakan hewan ternaknya berada di luar Betlehem. Ketika itu, mereka melihat bintang terang di langit malam yang artinya Yesus telah lahir ke dunia. Jadi, sejak saat itu, seluruh gereja yang ada di dunia serentak mengadakan malam kebangkitan sebelum natal.

Selanjutnya ada peristiwa kemerdekaan negara Libya yang tidak bisa lepas dari pengaruh dua negara, yakni Perancis dan Inggris. Kedua negara tersebut sepakat menyerahkan kedaulatan penuh atas pemerintahan kepada Libya pada tanggal 24 Desember 1951. Peringatan ini dibentuk dari peristiwa terjadi akibat pernyataan resmi dari Majelis Umum PBB tahun 1949 dengan mengatakan bahwa Libya akan Merdeka pada hari pertama tahun 1952.

Sebelum Merdeka, Libya berada dibawah berbagai rezim termasuk Yunani, Romawi, Arab, Ottoman, Italia, Perancis dan Inggris. Kemudian tahun 1912, Libya memutuskan menjadi koloni Italia dan ikut dalam perang antara Kekaisaran Ottoman dan Italia yang dari tanggal 29 September 1911 hingga 18 Oktober 1912. Lalu Perang Dunia II, Italia mengalami kekalahan dan kehilandan kendali atas Libya. Putusan resmi diperintahkan oleh PBB untuk membagi negara ini dengan Inggris dan Perancis. Hingga kini Libya dikenal dengan sebutan The United Kingdom of Libya, dikarenakan telah berhasil menyatukan tiga wilayah di Libya, yaitu Cyrenaica, Fezzan dan Tripolitania.

Berikutnya ada peristiwa unik terjadi ditiap peringatan tanggal 24 Desember, kali ini berada di India. Mengutip dari National Today melaporkan bahwa pada tanggal tersebut, masyarakat India merayakan Hari Hak Konsumen Nasional. Peristiwa ini berpusat pada hak-hak semua konsumen dirayakan dan dipromosikan di seluruh India. Hal ini berdasarkan pada hakikat dari pemaknaan dari kata konsumen mempunyai kekuasaan paling besar dalam membeli dan menjual barang.Mengingat saat ini semakin berkembangnya penjualan secara online, maka penting bagi konsumen untuk dapat menyadari serta melaksanakan hak dan tanggung jawabnya. Meskipun pada kenyataannya negara-negara Barat telah mendefinisikan hak-hak konsumen dengan jelas, tetapi di India masih berupaya untuk menekankan hak-hak konsumen di negaranya.

Kesimpulan

Kamu masih bingung 24 desember peringatan hari apa? Dari apa yang telah dijelaskan di atas tentunya kamu tahu dengan memperingati hari menjelang natal, merayakan hak konsumen, kemerdekaan libiya, moment every day. Itulah beberapa peristawa pada tanggal itu.

About Author: Felecia Owens

Gravatar Image
Halo, saya Felecia Owens. Seorang penulis lepas dan pembuat konten kreatif dengan semangat yang membara. Dengan kecintaan terhadap kata-kata dan kreativitas tak terbatas, saya selalu siap untuk mengeksplorasi berbagai topik dan menghadirkannya dalam bentuk tulisan menarik.

No More Posts Available.

No more pages to load.