Arti Wibu di TikTok: Yuk Ketahui Penjelasan Lengkap Disini

by
Arti-Wibu-di-tiktok

Akhir-akhir dunia jagat maya sedang viral dengan istilah arti wibu di tiktok. Wibu merupakan sebutan bagi seseorang yang menyukai anime-anime jepang.

Kepopuleran ini tidak lepas dari pengaruh sosial media tiktok dengan menyuguhkan berbagai fitur-fitur yang menarik, juga sebagai tempat untuk menunjukkan eksistensi seorang wibu dengan cara melakukan beragam challenge atau trend yang sedang menjadi hot trending.

Pengertian Arti Wibu di TikTok dan Lainnya

arti-wibu-di-tiktok

The Japanese Way memberikan penjelasan mengenai wibu yang diserap dari kata weaboo. Biasanya istilah ini digunakan untuk orang-orang non Jepang yang mempunyai kegemaran berlebih atau obsesi terhadap budaya Jepang. Sedangkan dalam laman situs penerbitan komik pbfcomics.com, weeaboo tidak memiliki makna khusus yang ditujukan kepada seseorang.

Namun arti wibu di tiktok memiliki arti yang lebih luas bukan hanya sekedar penyebutan yang ditujukan untuk orang-orang yang menyukai anime jepang, namun juga memiliki ketertarikan dengan budaya jepang, seperti mengenakan pakaian-pakaian tradisional jepang, berbicara menggunakan bahasa jepang, mencoba menikmati makanan-makanan khas atau olahan jepang dan lainnya.

Tetapi akhir-akhir ini mayoritas wibu menggunakan tiktok cenderung mendapatkan stigma negatif dari masyarakat karena memiliki konteks negatif. Sering dilewatkan dari masyarakat bahwa seorang wibu terlalu mencintai budaya jepang hingga melupakan bangsa sendiri. Pernyataan tersebut menjadikan kelompok atau komunitas wibu sering mendapatkan persepsi negatif. Padahal, justru para wibu ini juga mencintai dan bangga dengan negaranya sendiri.

TikTok berhasil menghidupkan kembali nuansa-nuansa jepang melalui pemutaran video-video yang di upload oleh penggunanya merupakan seorang wibu. Adapun video yang dimaksud adalah beberapa editing video terkait berisikan tentang informasi dari negara dan budaya jepang, video menampilkan beberapa scene ikonik dari suatu anime atau manga, para pengguna wibu mencoba menirukan cuplikan viral anime, serta tak lupa dengan diiringi lagu-lagu atau musik instrumen mendukung video tersebut.

Kehadiran musik di video diunggah di Tiktok dapat menarik perhatian dari para wibu dan juga orang awam. Musik dalam sebuah film anime memiliki beberapa genre, seperti ada sentuhan klasik dari instrumennya, ballad, synth dan j-pop. Fenomena ini mengundang daya tarik sendiri mengingat adanya sistem algoritma dari tiktok. Hal ini dibuktikan banyak masyarakat tidak mendeklarasikan dirinya sebagai seorang wibu namun cukup menikmati karya-karya yang diciptakan. Bahkan lebih lucunya lagi adalah moment ketika mereka tidak mengetahui bahwa karya yang sedang dikagumi itu merupakan diproduksi dari jepang. Berikut ini merupakan kumpulan lagu tiktok wibu populer, antara lain:

“Silhouette” – KANA-BOON
Sebagai salah satu opening anime terbaik di tahun 2010-an, membawa KANA-BOON sebagai musisi untuk mengisi serial anime populer yaitu NARUTO Shippuden. Cerita ini merupakan bagian kedua dari karya Masashi Kishimoto. Viralnya lagu ini diikuti dengan sebuah tren video yang berlari di depan cermin dengan sedikit sentuhan siluet seperti ninja. Liriknya tidak hanya terdengar cathcy tetapi juga membahagiakan dan emosional.

“Sparkle” – RADWIMPS
Berisikan video tiktok tentang perjalanan dan pemandangan indah, lagu ini seringkali sebagai backsound. Hanya sedikit mengetahui lagu dari RADWIMPS populer ini merupakan soundtrack dari anime yang berjudul Kimi no Nawa atau Your Name diluncurkan pada tahun 2016. Anime ini juga menjadi perbincangan hangat sesama wibu dan menjadi populer. Sehingga tidak heran apabila ada wisatawan wibu yang berkunjung ke Jepang akan melakukan remake dan memotret tempat-tempat terkenal di film tersebut

“Fiction” – Sumika
“Watakoi: Cinta itu Sulit untuk Otaku” merupakan terjemahan dari anime berjudul Watakoi: Love is Hard for Otaku, menggambarkan kisah cinta dari empat orang otaku dan mencoba untuk membuat segalanya seimbang antara karir dan percintaan.

Penutup

Demikian informasi terkait dengan arti wibu di tiktok, semoga dapat menginspirasi dan memotivasi di kehidupan sehari-hari.

About Author: Felecia Owens

Gravatar Image
Halo, saya Felecia Owens. Seorang penulis lepas dan pembuat konten kreatif dengan semangat yang membara. Dengan kecintaan terhadap kata-kata dan kreativitas tak terbatas, saya selalu siap untuk mengeksplorasi berbagai topik dan menghadirkannya dalam bentuk tulisan menarik.

No More Posts Available.

No more pages to load.